Senin, 16 April 2018

Peluang Bisnis Yang Menjanjikan Dengan Budidaya Pohon Gaharu


gaharu

Ruangtani.com – Jenis kayu gaharu ini memiliki kandungan dammar wangi sehingga kayu ini dapat dijadikan sebgai bahan pewangi alami. Bahkan diketahui pula bahwa jenis kayu gaharu merupakan bahan aromatik yang sangat mahal didunia. Negara Indonesia merupakan Negara pengekspor kayu gaharu nomor 1 di dunia. Karena itu membudidayakan pohon gaharu merupakan salah satu peluang bisnis yang sangat menjanjikan yang dapt kita tekuni.


PELUANG BISNIS YANG MENJANJIKAN DENGAN BUDIDAYA POHON GAHARU
Apabila anda tahu, untuk harga katu gaharu dengan kualitas yang paling baik dapat bernilai antara 5 juta rupiah perkilogram sampai 20 juta per kilogram. Bahkan dikabarkan bahwa untuk harga katu gaharu pernah mencapai 100 juta per kilogram, hal ini merupakan sungguh yang sangat luar biasa bukan.

KUALITAS KAYU GAHARU
Selain itu bagaiman jika kayu gaharu yang dibudidayakan memiliki kualitasnya tidak termasuk yang terbaik !!! hal ini tidak perlu cemas karena harga kayu gaharu akan tetap tergolong tinggi meski kualitasnya rendah. Untuk kelas yang paling rendah saja untuk harga kayu gaharu ialah 50 ribu rupiah per kilogramnya. Jadi kita masih tetap mendapat untung walaupun kualitas hasil panen kurang baik. Lalu sebenarnya untuk apakah kayu gaharu ini sampai dengan harganya mencapai setinggi itu ??? jenis kayu ini diimpor oleh Negara-megara lain dari Indonesia untuk dijadikan bahan baku untuk pembuatan obat-obatan, perfum, kosmetik, hingga dipakai untuk acara-acara ritual keagamaan. Yang jelas budidaya gaharu ini merupakan salah satu peluang usaha yang paling baik untuk dapat ditekuni, terlebih lagi pohon gaharu dapat tumbuh subur didaerah tropis.

MEMILIKI DAYA TARIK KAYU GAHARU
Pada kayu gaharu yang banyak manfaatnya ini sungguh luar biasa, kayu gaharu sangat terkenam pada zaman dahulu. Kayu gaharu menjadi konsumsi para raja di berbagai belahan dunia. Bahkan dalam proses pembuatan mumi, minyaknya gaharu juga dapat digunakan untuk melumuri jasad. Sedangkan dupa gaharu sangat memiliki aroma yang begitu sangat wangi yang dahulu biasa dipakai untuk mengharumkan tubuh, rambut, pakaian dan ruangan para raja dan bangsawan. Didalam perdagangan di internasional gaharu tersedia dalam bentuk kayu, serbuk maupun minyak. Pada kayu gaharu dapat diolah menjadi berbagai macama kerajinan yang memiliki nilai jual yang begitu tinggi, sedangkan pada minyak gaharu ialah salah satu bahan untuk pembuatan parfum elit, selain itu juga kayu gaharu dapat dipercaya berkhasiat sebagai ramuan untuk awet muda.

PELUANG BUDIDAYA KAYU GAHARU
Seperti yang sudah dibahas di sebelumnya tadi, membudidayakan kayu gaharu ialah suatu pilihan usaha yang sangat menjanjikan. Pada kayu gaharu ini sangat memiliki nilai ekonomi yang sangat tinggi. Tapi saying sekali peluang usaha yang sungguh luar biasa ini belum begitu banyak dikenal oleh masyarakat luas. Sehingga hanya beberapa orang saja yang sudah memulai untuk mengembangkan usaha budidaya pohon gaharu ini. Lagi pula jumlah ekspor kayau gaharu dari Indonesia semakin berkurang untuk saat ini. Untuk itu hal ini bisa menjadi kesempatan atau peluang besar kita, apalagi yang sangat hobynya bercocok tanam. Nah bila yang menginginkan untuk mengembangkan budidaya tanaman gaharu berikut ini teknik budidaya gaharu mulai dari pembibitan, kemudian dari segi cera menanam, lalu cara memanen hasilnya.

TIPS BUDIDAYA KAYU GAHARU
Membudidayakan kayu gaharu ada beberapa tips yang perlu diperhatikan yaitu :

Yang pertama tetntu saja kita harus terlebih dahulu untuk menyiapkan lahan
Kita perlu mencari pihak yang bisa memberikan suplay bibit pohon gaharu yang akan ditanam
Kata harus mencarai tahu juga dimana kita bisa menyetorkan hasil panen nantinya
Setelah semua koneksi kita dapatkan, tips yang berikutnya yakni mempelajari cara budidaya gaharu, dengan demikian kita akan mengerti bagaimana cara tanam gaharu yang tepat sehingga usaha kita ini tidak akan terhambat.

TEKNIK MENANAM GAHARU
Gaharu ini merupakan hasil dari pepohonan yang tumbuh didaerah tropis, pepohonan tersebut mengalami infeksi baik denga secara alamio maupun buatan yang lalu menyebabkannya mati. Nah dari pepohonan yang telah terinfeksi tersebutlah gaharu bisa diperoleh. Lalu bagaimana teknik menanam pohon penghasil gaharu !!!

Pertama-tama yang perlu dilakukan yakni memilih lahan yang sangat cocok yakini lahan yang tidak terendam air seperti sawah, ataupun rawa-rawa. Yang berada di ketinggian antara 0 sampai 750 mdpl.

Untuk pembibitan pada pohon gaharu bisa ditanam terlebih dahulu didalan polybag. Sembari menunggu bibit siap dipindahkan kita bisa mengolah lahan agar tanahnya lebih subur, yakni dengan cara membuat lubang-lubang, memberinya pupuk kandang dan membiarkannya selama kurang lebih 1 bulan. Kemudian setelah bibit sudah siap baru kita pindahkan ke lahan yang telah kita siapka tadi.

Untuk penanaman, jarak tanam yang ideal yaitu sekitar 2 x 2,25 meter. Sedangkan waktu yang terbaik untuk menanam yakni diawal musim hujan pada pagi hari atau sore hari. Setelah itu pohon terus dirawat dengan pemberian pupuk dan pengairan dengan secara rutin. Hingga sudah mencapai 18 bulan , pohon sebaiknya diberikan naungan supaya teduh.


sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar