Kamis, 05 April 2018

Mic Bluetooth WSTER WS-858 Review Lengkap

Hasil gambar untuk bluetooth karaoke ws 858

Sekarang saya berkesempatan untuk mencoba Mic Bluetooth WSTER WS-858, dan saya akan mencoba memberikan Mic Bluetooth WSTER WS-858 review lengkap dan apa adanya
Seperti biasa dalam setiap review seperti yang sudah menjadi ciri khas, saya akan menuliskannya secara terbuka tanpa ada yang ditutup-tutupi.

Apa itu mic bluetooth dan kegunaannya

Mungkin masih banyak yang belum tahu mengenai apa itu mic bluetooth , dan apa sih kegunaannya ?
Jadi saat ini sedang populer dan menjadi trend setelah trend spinner sudah lewat , maka kini para pecinta gadget sedang memburu satu gadget yang kekinian yang bisa membuat kita bersenang-senang melepaskan penat dan stress dalam  keseharian kita.
Jadi secara singkatnya mic bluetooth adalah sebuah microphone yang sudah dilengkapi oleh amplifier dan speaker yang menjadi satu dengan unitnya.
Sehingga kita tinggal memencet tombol on, maka mic sudah bisa langsung digunakan tanpa harus repot lagi menyambungkan kabel ke speaker atau amplifier.
Dengan kepraktisan ini membuat mic bluetooth sangat mudah untuk dibawa-bawa.
review MicGeek Q9
Ditambah lagi dengan kemampuannya untuk terkoneksi menggunakan bluetooth maka speaker yang ada pada mic ini bisa juga berfungsi layaknya sebuah speaker bluetooth.
Hal ini berarti bahwa speaker pada mic ini bisa digunakan untuk memutar lagu mp3 dari hp kita, atau menyambungkan lagu dari youtube di hp kita ke speaker mic bluetooth ini.
Dengan demikian hal ini membuka kemungkinan untuk kita berkaraoke ria , karena seperti kita tahu di youtube banyak sekali lagu karaoke yang bisa kita pilih (hampir setiap lagu ada versi karaokenya kalau seingat saya).
Sehingga tinggal koneksikan saja mic ini dengan hp kemudian putar lagu karaoke youtube di hp anda yang disambungkan ke mic ini, maka anda akan segera bisa bernyanyi diiringi lagu tersebut layaknya pada sebuah perangkat karaoke, lengkap dengan efek echonya yang sudah tersedia di unit mic ini.
Kembali ini berarti membuka kemungkinan untuk kita berkaraoke dimana saja, baik di kamar, di ruang keluarga, bahkan di mobil , di perjalanan, dsb.
Berbagai kemungkinan bisa kita lakukan dengan mic bluetooth ini, misalnya ; dalam sebuah pertemuan rapat atau dalam memberikan pengajaran tentang sesuatu, maka mic inipun bisa sangat berguna memperjelas suara pembicara tanpa harus repot membawa perangkat-perangkat audio yang tdak praktis.

Beberapa jenis mic bluetooth yang terkenal

Saya sendiri sudah berkesempatan mencoba berbagai jenis mic bluetooth yang beredar di pasaran saat ini.
Beberapa jenis yang terkenal dan banyak dicari oleh pecinta gadget antara lain adalah :
  •  Tuxun K068
  •  Micgeek Q9
  • MicGeek / Fleco Q7
paket penjualan mic karaoke bluetooth tuxun k068
Tuxun K068
Kesan yang saya peroleh dari beberapa mic tersebut sudah saya tuliskan lengkap dalam review saya mengenai mic bluetooth sebelumnya.
Namun secara umum kesan yang saya tangkap adalah mic tersebut sebenarnya bagus untuk bernyanyi, namun kurang keras saat kita membawakan sebuah presentasi (suara vokalnya kecil).
Secara singkat kesan saya dalam mencoba beberapa mic tersebut adalah :

Mic Bluetooth Tuxun K068

Kelebihan :
  •  Suara vokal cukup keras (paling keras diantara ketiga merk diatas)
  •  Bass terdengar cukup bagus di speaker Tuxun K068
  •  Cepat terdeteksi di HP
  •  Kelengkapan yang cukup memadai, seperti dapat tas mic, kabel data, kabel mini usb to TRS , dan buku petunjuk
  •  Baterai cukup tahan lama, bisa antara 5 – 8 jam
Kekurangannya :
  •  Saat tersambung ke bluetooth terdengar suara berdenging di speaker
  •  Speaker agak sedikit bergetar ketika memainkan lagu dengan nada bass yang cukup besar
  •  Kontrol di unit hanya untuk vokal dan echo
  •  Tidak ada kontrol untuk memperbesar/mengecilkan volume musik sehingga saat musik terasa keras, harus mengecilkan dari hp
  •  Bentuknya cukup aneh (apalagi kalau dipegang oleh wanita ðŸ˜€ )
  •  Speakernya mono, hanya satu di bawah unit

Mic Bluetooth MicGeek Q9 (juga hampir sama dengan model Q7)

Kelebihan :
  •  Bentuknya bagus, seperti mic reporter
  •  Saat tersambung ke bluetooth cukup bersih , tidak ada suara denging
  •  Cepat terdeteksi di hp
  •  Kontrol sangat lengkap, ada volume mic, echo, bass, treble, dan volume musik dari hp dan selector apakah hp kita iphone/android
  •  Kelengkapan cukup lengkap, ada tas mic, kabel usb, kabel mini usb to TRS kecil, dan buku petunjuk
  •  Baterai bisa tahan lama , antara 5 – 8 jam
  •  Speakernya stereo , di kiri dan kanan unit mic sehingga kualitas suara musik lebih bagus dari Tuxun K068
Kekurangannya :
  •  Kekurangan yang paling terasa adalah, speakernya pecah saat memainkan lagu atau vokal yang agak keras
  •  Tapi di model Q7 sepertinya kekurangan ini sudah lumayan diperbaiki, sehingga tidak terlalu pecah
  •  Suara vokal terasa kecil, walaupun volume sudah dinaikkan maksimal
  •   Kontrol yang cukup lengkap seperti treble dan bass sepertinya tidak terlalu terasa saat dinaikkan atau diturunkan
  •   Untuk unit yang saya dapat, petunjuk kontrol di unitnya dalam bahasa Cina, sehingga agak bingung pada awalnya.

Mic Bluetooth WSTER WS-858

Sekarang hadir model baru yang terlihat lebih mewah, yaitu mic bluetooth WSTER WS-858.
Sepertinya mic ini berusaha memperbaiki kelemahan-kelemahan yang ada pada mic tipe-tipe sebelumnya.
Apakah berhasil ? Yuk sama-sama kita review.

Keterangan bagian-bagian dalam Mic Bluetooth WSTER WS-858

Saya akan mulai dengan menerangkan seperti apa penampilan dan bagian-bagian dari mic Bluetooth WSTER WS-858 ini.
Pertama kita lihat dulu packaging dari mic Bluetooth WS 858 ini
jual mic bluetooth murah
Yup, mic ini datang dengan packaging yang cukup keren menurut saya.
Dibanding mic tipe lainnya yang tanpa packaging dan hanya diletakkan dalam dompet/tas microphone maka packaging mic ini lebih memberi kesan produk premium/profesional.
mic bluetooth terbaik 2018
Di bagian belakangnya pun dicetak gambar yang menerangkan bagian-bagian dari mic ini secara cukup besar dan cukup jelas, sehingga dalam paketannya mic ini tidak lagi menyertakan sebuah buku manual. Nice !
jual mic bluetooth wster ws-858 termurah
Bagian samping kiri dari packaging mic bluetooth WS-858 menggambarkan tiga warna yang tersedia untuk mic bluetooth ini.
Selain itu juga kotak kecilnya menandakan warna mic yang ada di dalam packaging ini, sehingga untuk melihat warnanya kita tidak perlu membuka-buka packagingnya. Terlihat profesional yah …
perbandingan mic bluetooth ws-858 dengan q9
Bagian sisi sebelahnya menerangkan fungsi-fungsi yang terdapat pada mic bluetooth wster ws-858 ini .
Jika kita melihat ikon-ikon yang ada maka mic ini ternyata bisa juga berfungsi sebagai radio fm, kemudian juga bisa berfungsi sebagai tombol selfie.
Tapi satu kegunaan lagi yang saya baru sadari dengan tersedianya ikon earphone ini, ternyata mic bluetooth ini bisa juga menjadikan earphone kita sebagai bluetooth earphone / headset.
Yaitu lagu dari HP / Perangkat Bluetooth yang lain kita dengarkan melalui earphone / headset kita yang disambungkan melalui bluetooth ini. Very Nice !
Dan seperti inilah penampakan kardus dalamnya :
fungsi dan kegunaan mic bluetooth
Saya cukup angkat jempol juga dengan rapihnya packaging dari mic bluetooth wster ws-858 , terlihat spesifikasinya dicetak juga pada kardus bagian dalamnya.
Kita lihat , spesifikasinya tertulis dengan jelas dikardus dalam packagingnya , menandakan bahwa produk ini dibuat dengan cukup profesional.
Tidak seperti jenis mic bluetooth sebelumnya yang saya review yang sepertinya tidak memperhatikan packagingnya sama sekali sehingga kualitas antara produk yang sama pun seringkali satu sama lain berbeda.
Namun satu kekurangan yang saya temukan pada mic ini , saya cukup kecewa juga pada saat saya membuka kardusnya ternyata mic bluetooth WSTER WS-858 ini tidak memberikan dompet / tas microphone, sayang sekali.
paket mic bluetooth wster ws-858
Yup micnya hanya dibungkus dengan plastik putih yang cukup bagus sih, dan dalam paket penjualannya hanya menyertakan 1 buah kabel USB dan 1 buah kabel mini usb to TRS kecil.
Padahal dompet mic itu sebenarnya cukup penting untuk menaruh microphone jika tidak sedang digunakan supaya tidak berdebu.
Jika seperti ini maka sehabis menggunakannya kita harus meletakkannya lagi dalam dusnya, mungkin itulah sebabnya produsen mic ini mencetak petunjuknya di packaging mic ini dengan maksud dus ini bia juga berfungsi sebagai tempat penyimpanannya.

Penampilan mic bluetooth WSTER WS-858

Sewaktu saya keluarkan mic bluetooth ini, maka sekali lagi saya angkat jempol.
Mic ini seperti berkilau-kilauan terkena sinar, pengerjaannya cukup rapih dan memang terkesan lebih berkelas dibanding mic bluetooth tipe lainnya yang saya pernah review.
Beratnya pun terasa lebih berat, dengan bentuk speaker membulat.
unboxing mic bluetooth wster ws-858
Namun speakernya sepertinya hanya 1 speaker / mono yang terletak di bagian depan lingkarannya.
Adapun tombol-tombol yang tersedia adalah tombol previous dan next untuk memajukan / memundurkan list lagu yang kita mainkan (apabila memainkan file mp3).
Juga tersedia tombol scan ditengah yang sepertinya untuk mencari stasiun radio jika mic ini difungsikan sebagai radio fm, namun saya belum mencobanya karena saya tidak terlalu berminat menjadikan mic ini sebagai radio fm.
Dibawah tombol scan tersedia tombol record, yang gunanya untuk merekam baik lagu yang kita nyanyikan maupun lagu dari streaming bluetooth.
Disebelahnya lagi tersedia tombol up dan down volume untuk memperbesar/mengecilkan suara musik.
Dibawahnya tersedia tombol volume mic untuk mengatur besar kecilnya volume vokal kita, dan sebelahnya tombol remix untuk mengatur tingkat efek echo / reverb.
Memang mic ini tidak memiliki tuas pengatur bass dan treble layaknya MicGeek Q9, tapi bagi saya pribadi sepertinya tidak terlalu berpengaruh.
Karena pada MicGeek Q9 pun sepertinya tombol itu hanya sebagai pelengkap saja, karena sewaktu saya gunakan tidak terlalu berpengaruh pada kualitas suara yang ada.
cara menghubungkan mic bluetooth ke handphone
Tombol On/Off terletak di bagian atas mic ini , disertai dengan sebuah lampu led super kecil berwarna biru yang menandakan mic ini dalam keadaan hidup / mati.
Di kepala micnya terlihat mic ini sudah dilengkapi dengan mesh/busa untuk filter suara sehingga suara angin dari nafas kita tidak terlalu masuk dalam mic ini , nice !
Kebetulan warna mic yang saya dapatkan berwarna gold, sehingga terlihat bukan kilauannya saat terkena sinar ?
slot pada mic bluetooth wster ws 858
Di bagian bawah lingkarannya terdapat beberapa slot, yang antara lain :
Aux, berupa mini usb yang juga sebagai slot untuk memasukkan charger untuk mencharge mic ini.
Kemudian juga tersedia port USB (masih USB 2.0) untuk memainkan musik dari flash disk kita (misalnya mp3).
Selain itu juga tersedia port out untuk jack TRS kecil, yang bisa untuk menyambungkan mic ini ke speaker yang lebih besar (berfungsi layaknya microphone biasa) atau untuk menyambungkan headset / earphone kita.
Selain itu juga disediakan slot TF untuk memasukkan SD Card kita.
review mic bluetooth wster ws-858
Baiklah sekarang saya akan review bagaimana kesan saya menggunakan mic ini.
Kesan pertama sewaktu mic ini dihidupkan SUARANYA CUKUP BESAR !
Suara yang mengatakan Power On, atau Bluetooth Mode sewaktu mic ini dihidupkan cukup besar !
Saya langsung mencoba untuk berbicara pada microphonenya, ternyata suara yang keluar juga cukup lumayan besar , jauh lebih besar dari mic Tuxun K068 apalagi MicGeek Q9 yang pernah saya review.
Suara dari mic Tuxun K068 menurut saya sudah cukup lumayan besar, namun saya pernah membawa mic Tuxun K068 tersebut ke sebuah acara gathering outdoor.
Pada saat saya berbicara ternyata suara yang dikeluarkan mic tersebut tidak cukup membantu untuk suasana outdoor, namun untuk mic WSTER ws-858 ini menurut saya agak lebih besar dari Tuxun K068.
Saya belum mencobanya di suasana outdoor, nanti akan saya update lagi artikel ini apabila saya berkesempatan mencobanya outdoor.
Kualitas suara yang dihasilkan pun terbilang jauh lebih baik.
Pada unit yang saya dapatkan tidak terdapat denging ataupun noise sedikitpun, dan sewaktu saya meniup-niup mic ini ataupun saat memutar lagu yang memiliki dentuman bass cukup besar, mic ini tidak terdengar pecah.
Pada waktu pertama kali mencoba untuk menghubungkan mic ini dengan HP , di HP saya terdeteksi mic ini sebagai Tuxun K068 (karena sebelumnya HP saya pernah menyimpan koneksi dengan Tuxun K068), namun sewaktu HP mencoba connecting tidak bisa tersambung.
Akhirnya unit mic saya matikan kemudian saya nyalakan kembali, baru di HP saya terdeteksi sebagai WS-858 dan koneksi bluetooth berhasil disambungkan.
Dan seperti yang sudah saya duga , sewaktu saya mencoba karaoke dengan mic ini suaranya terasa sedikit lebih besar dan lebih ngebass dengan kualitas suara yang menurut saya cukup profesional.
Jadi kesimpulan saya, dari beberapa mic yang pernah saya review, mic bluetooth WSTER WS-858 ini adalah yang paling baik.
Apakah saya merekomendasikannya untuk anda ? Tentu saja ! Jika anda sedang mencari mic bluetooth untuk karaoke maka saran saya pilihlah mic WSTER WS-858 ini.
Mic ini juga keluar dengan nama-nama yang lain dengan bentuk yang serupa, namun saran saya pilihlah yang bermerk WSTER WS-858 ori.
Memang harganya sedikit lebih mahal dibanding mic yang lain tapi sebandinglah dengan kualitasnya.
Jika anda berminat untuk memilikinya bisa kunjungi/klik link berikut : toko57.com , atau hubungi Weli di 0858.82.905.203 (WA/Call).
VIDEO REVIEW MIC WSTER WS-858 :


Demikian review saya kali ini mengenai mic bluetooth WSTER WS-858, semoga bermanfaat bagi anda.
Yuk baca review saya lainnya :

1 komentar:

  1. WWahhh saya baru tahu kalau ternyata artikel saya di copy disini, hahaha termasuk link2 referensi nya juga.

    Tapi gapapa, hitung-hitung jadi backlink saya terima kasih ya

    BalasHapus