Minggu, 15 April 2018

Cara Inokulasi Gaharu dengan Batang Pohon Pisang


Bisnis Gaharu Super Indonesia

Bisnis Gaharu Indonesia - Melakukan inokulasi gaharu sebenarnya dapat dilakukan tanpa harus membeli inokulan yang dijual dengan harga mahal dan cenderung rawan penipuan. Inokulasi gaharu bisa dilakukan dengan memakai batang pohon pisang. Intinya, siapa saja bisa menciptakan inokulannya masing-masing.


Hal terpenting dari inokulan adalah harus bersumber dari jamur Fusarium SP. Jamur jenis ini sangat efektif agar pohon gaharu membentuk resin gaharu. Harga inokulan saat ini berkisar antara\ Rp.500.000 – Rp.700.000/liter. Ada juga yang lebih murah dan jauh lebih mahal.

Harganya yang cukup mahal, mungkin tidak terjangkau oleh semua petani. Bagi Anda yang ingin melakukan uji coba membuat inokulan dan melakukan proses inokulasi sendiri, mungkin artikel ini bisa membantu.

Melakukan inokulasi bisa ditempuh dengan cara memakai batang pohon pisang yang mati karena serangan jamur Fusarium SP. Kemungkinan terbentuknya gaharu


dengan inokulasi cara ini meningkat sekitar 10-15%.

Batang pohon pisang yang mati layu karena serangan jamur Fusarium sp (jamur upas). Potong-potong batang pohon pisang menjadi sangat kecil. Setelah menadi cacahan kecil blender. Setela lembut, masukkan ke dalam lubang bor yang sudah dipersiapkan.
Cara membuat lubang bor yang pas untuk inokulasi memakai batang pohon pisang ini dilakukan dengan memakai bor berdiameter 4-5 cm, jarak antar lubang 5 cm, jarak vertikal 5 cm dan jarak horizontal 5 cm.

Liat hasilnya, bila dalam waktu 3 bulan pohon gaharu berubah kehitaman, dan berbau harum ketika dibakar, berarti inokulasi telah berhasil.

sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar