Selasa, 10 April 2018

Beberapa Kesalahan Yang Dilakukan Oleh Petani Gaharu Budidaya Indonesia


harga pohon gaharu umur 5 tahun

Pohongaharu.com | Salam gaharu, Alhamdulillah setelah sekian lama tidak aktif di blog, ahirnya bisa kembali menyapa temen-temen semua.Saya berharap temen semua bisa memaklumi situasi ini karena beberapa projek usaha baru yang haru saya selesaikan.


Inilah beberapa kesalah fahaman,karenya kurangnya minat membaca dari petani dan pembudidaya gaharu di indonesia.Tak dupungkiri juga disebabkan oleh beberapa oknum yang sengaja memanfaatkan situasi.

Kontroversi tentang harga jual bibit dan pohon gaharu umur 5 tahun di jawa tengah,jawa barat dan jawa timur yang di kowar-kowarkan saya kampanye penjualan bibit.

Pada kesempatan ini saya akan coba membahas dan merangkum beberapa pertanyaan dari para pengunjung blog di akhir tahun 2016 hingga  awal 2017.Banyak sekali yang menayakan kepada saya,diantaranya :
harga bibit pohon gaharu 2015harga bibit gaharu super king


Harga pohon gaharu umur 5 tahun
Terkadang banyak temen-temen yang menyakan kepada kami, begini : Pak saya ada pohon umur 5 tahun berapa harganya sekarang?

Jujur saya terkadang pusing juga mau jawab gimana.Nah inilah yang menjadikan alasan saya untuk menulis dan menjawab pertanyaan temen yang mungkin memiliki pertanyaan yang sama.

Begini cara memahaminya :

Pohon gaharu adalah sebuah pohon penghasil glubal,dimana hasil dari budidaya pohon gaharu adalah glubal atau galih.Maksud saya tujuan utamanya dalam budidaya gaharu ya glubal gaharu.Meski anda bisa mendapatkan produk turunan lain selain glubal seperti:

1.Glubal Gaharu
2.Kemedangan Gaharu
3.Minyak Gaharau
4.Abuk Gaharu Dll.


Contoh lainnya : Begini, jika anda menanan pohon karet dengan investasi per bibit Rp.25.000 lalau setelah lima tahun, saya menanyakan pada  anda “ pak pohon karet umur 5 tahun harganya berapa pak? Fahamkan.Jelas gak bisa jawab.Sebab pohon kares akan bisa menjadi nilai ekonomis jika dideres dan di ambil getahnya bukan.

Yameski bisa saya dijual umur lima tahun tapi hasilnya gak seberapa.Ya karen dijual untuk kayu bakar saja.Beda jika kita kelola dan ambil inti dari fungsi pohon karet.

Sama halnya dengan pohon gaharu.Jika anda mau jual batang gaharu namun tidak ada glubal ya gak laku…..Laku sih tapi kan untuk kayu bakar.Kalau tujuannya mau jual kayu bakar kenapa tanam pohon gaharu bos?

Nah inilah pentingnya pemahaman pentang usaha budidaya yang akan kita lakukan.Makanya jika ada artikel dibaca.Bukan dijadikan hiasan aja.ha…ha.. jadi inget waktu sekolah buku hanya untuk bawaan aja, gak tahu isinya.

Ada juga yang lebih aneh lagi yang menanyakan kepada saya.Dan pertanyaan ini membuat saya sedih, kenapa? Karena sesungguhnya pemahaman masyarakat tentang gaharu masih sangat rendah.Dan celakannya situasi ini yang dimanfaatkan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawa.
 bibit gaharu di jawa timurharga jual pohon gaharu
harga bibit gaharu super king
harga jual pohon gaharu

Jual bibit gaharu super king  katanya, ya kata merea yang mau memancing ikan dalam air keruh.Saya tegaskan sekali lagi tidak ada bibit gaharu super king titik.Superking itu istilah glubal yang sangat bagus,memiliki kandungan resin tinggi,bau sangat wangi dan sudah berumur.

Jadi tidak ada jenis bibit gaharu superking itu pastu 100% bohong, bohong dan bohong temen-temen.Makanya jangan mudah percaya karena hanya melihat dasi yang mereka pakai.Pake sedikit naluri dan hati nurani ya…Ini saya sampaikan karena saya sangat sayang pada temen-temen.Jangan berikan ruang gerak pada paara penipu.Itu intinya.

Biasanya mereka mempromosikan bibit gaharau yang mereka jual dengan kata-kata yang memabukkan.Contohnya :

“ kami menjual bibit gahru superking, siap panen kurang dari 5 tahun dan menghasilkan ratusan juta rupiyah dari 1 pohon”
Ini penyesatan pada publik, ya kita emang aneh,begini anehnya : waktu saya bicara dengan apaadanya dan membawa fakta justru jarang yang nerima..eh pas dobohongi dengan iming-iming besar mereka langsung bersimpuh.harga bibit pohon gaharu 2016

sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar