Selasa, 03 April 2018

15 Manfaat dan Khasiat Daun Gaharu untuk Kesehatan

Daun Gaharu
Daun gaharu adalah jenis daun dari tanaman gaharu yang konon sudah langka dan hampir punah. Jenis tanaman yang satu ini pun akhirnya menjadi tanaman yang dilindungi oleh beberapa negara karena banyak yang memanfaatkannya tanpa menanamnya kembali. Tanaman gaharu mirip seperti cemara yang berukuran kecil sekitar 30 cm. Bunga tanaman ini berwarna putih dengan daun yang panjang serta lebar. Permukaan daunnya halus berwarna hijau muda.

Mengapa tanaman gaharu sangat langka? Hal ini dikarenakan tanaman ini mengandung banyak khasiat kesehatan yang cukup banyak dan cara menanamnya pun sedikit sulit dibandingkan dengan tanaman lainnya. Bagian dari gaharu yang sudah terbukti mengandung manfaat herbal yaitu daunnya. Daun gaharu mengandung zat alkaloid, tanin, flavonoid, fenolik dan beberapa senyawa lainnya yang berkhasiat dalam menyembuhkan beberapa jenis penyakit.
Agar tidak salah dalam memahami manfaat dan khasiat daun gaharu, kami berikan rincian penjelasan tentang beberapa kegunaan daun ini untuk kesehatan Anda. Berikut ini informasinya.

1. Obat stroke

Khasiat daun gaharu yang pertama yaitu menjadi obat alami untuk stroke. Bagi Anda yang mempunyai penyakit stroke bisa mencoba pengobatan alternative dengan menggunakan daun ini sebagai obat herbalnya.

2. Mengatasi diabetes

Khasiat daun gaharu juga ampuh untuk mengatasi diabetes. Daun ini akan menjaga kadar gula di dalam tubuh Anda. Manfaatnya pun juga bisa digunakan bagi Anda yang sudah terjangkit diabetes agar tidak sering kambuh.

3. Mengobati asam urat

Penyakit lainnya yang dapat diobati dengan menggunakan khasiat daun gaharu yaitu penyakit asma urat. Duan ini mampu menjadi obat yang cocok untuk meredakan penyakit asam urat Anda dan mencegahnya datang kembali.

4. Menyehatkan ginjal

Khasiat daun gaharu untuk organ ginjal disarankan bagi Anda yang sering mengalami penyakit ginjal. Organ tubuh yang satu ini memang sering menjadi sasaran empuk penyakit, maka Anda perlu melindunginya dengan lebih baik.

5. Mencegah kanker prostat

Kaum pria rasanya perlu mencoba manfaat daun gaharu. Daun ini memiliki khasiat yang cocok untuk mencegah kanker prostat, jenis kanker yang akan menggangu kesehatan reproduksi dan menurunkan vitalitas Anda.

6. Meredakan asma

Penderita asam ada baiknya menggunakan daun gaharu untuk meredakaan asma saat kambuh. Duan ini punya beberapa zat alami yang akan membantu penderita asma untuk mengatasi penyakit asmanya.

7. Mengatasi gangguan tidur

Gangguan tidur seperti kesulitan tidur atau bahkan insomnia bisa diatasi dengan daun gaharu. Daun ini dapat membantu Anda untuk beristirahat dengan nyenyak karena punya fungsi mengatasi gangguan tidur yang alami.

8. Obat sembelit

Penyakit pencernaan seperti sembelit dapat Anda obati dengan daun gaharu. Daun ini dipercaya ampuh untuk menghilangkan sembelit dan mencegahnya muncul kembali pada saluran pencernaan Anda.

9. Mencegah hipertensi

Hipertensi adalah penyakit serius yang cukup berbahaya bagi tubuh. Untuk mencegahnya, gunakanlah daun gaharu. Daun ini sangat ampuh untuk mencegah datangnya penyakit tekanan darah tinggi ini.

10. Baik untuk paru-paru

Jangan lewatkan kesehatan paru-paru. Organ pernapasan ini juga bagian penting dari tubuh Anda. Anda bisa mencoba untuk menggunakan daun gaharu sebagai bahan herbal dalam menyehatkan paru-paru.
Selain 10 manfaat dan khasiat daun gaharu untuk kesehatan, ada lagi 5 manfaat lainnya dari daun ini yang perlu Anda ketahui. Berikut ini manfaat lainnya:

5 Manfaat dan Khasiat Daun Gaharu Lainnya:

  1. Melancarkan aliran darah
  2. Obat sakit kepala
  3. Menyehatkan kulit
  4. Mengatasi disfungsi seksual
  5. Meredakan gelisah

    Itulah 15 manfaat dan khasiat daun gaharu untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjaga kesehatan dengan memanfaatkan khasiat daun yang sehat pula. Pola hidup yang sehat akan lebih menguntungkan Anda nantinya di masa depan, karena kesehatan jaman sekarang merupakan hal yang mahal. Selamat mencoba

    sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar